Cara Mengganti Theme Blogspot

Cara Mengganti Theme Blogspot


Sebelum kita pelajari materi Cara Mengganti Theme Blogspot, tentu banyak pemula yang bingung. Apa itu theme atau template blog? Secara sederhana theme atau template blog itu diibaratkan sebagai pola dari sebuah blog atau situs. Jadi blog Anda bisa dibuat pola yang berbeda dengan milik orang lain.
Ini menjawab pertanyaan beberapa teman saya yang bertanya “Kok blog saya ga bisa dikasih banner?”. Mungkin karena theme yang dipakai tidak ada widgetnya. Jadi sebelum melangkah lebih jauh Anda harus kenali dulu pola blog Anda, karena mungkin Anda tidak ingin theme atau template blog yang digunakan sama dengan milik orang lain.
Begitu juga ada yang bertanya “Gimana cara membuat menu di blog, kok blog saya ga bisa dikasih menu untuk Laman Blog?”. Mungkin theme atau template blog yang Anda gunakan tidak menyediakan tempat untuk menu ataupun tidak menyediakan widget, sehingga theme blog Anda tidak bisa disisipkan banner atau menu laman.
Disini kita tidak akan belajar cara mendesain blog ataupun pernak-perniknya, kita pelajari hal-hal yang penting saja. Untuk desain blog dan modifikasinya silahkan Anda cari referensi di tempat lain. Disini kita lebih fokus ke bagaimana agar blog kita bisa optimal sehingga ramah dan bersahabat dengan mesin pencari atau istilahnya SEO (Search Engine Optimization), agar blog kita lebih mudah ditemukan visitor dan bisa mendatangkan pengunjung yang berlimpah. Lebih banyak pengunjung tentu peluang mendapatkan Rupiah pun lebih besar, karena pengunjung blog adalah faktor utama yang dibutuhkan dalam bisnis online.

Kita langsung pelajari cara mengganti theme blogspot. Ada 2 cara mengganti theme blogspot:
  • Pertama Anda bisa menggunakan theme yang disediakan oleh blogger
  • Kedua Anda bisa mengguanakan theme yang disediakan oleh penyedia lain,  dengan cara mendownload kemudian Anda upload di dashboar blogger Anda.

Tapi untuk saat ini kita hanya pelajari cara mengganti atau memilih theme yang disediakan oleh bloger, alasanya agar waktu belajar kita efektif dan tetap fokus dengan tujuan kita. Yaitu membuat blog untuk media bisnis online kita, karena theme yang disediakan blogger cendrung lebih SEO dan fast loading.

Cara Mengganti Theme Blogspot dengan theme yang disediakan oleh blogger : 

1. Masuk ke http://blogger.com, log in dengan email dan password Anda.
2. Klik menu Template – Anda lihat di bagian bawah ada banyak theme yang bisa Anda pilih. Cari dan pilih theme yang ada sidebarnya, agar blog Anda bisa disimpan banner iklan blakblakan atau Afiliasi lain.




3. Klik tombol Terapkan ke Blog.




4. Untuk melihat halaman blog Anda klik tombol Lihat blog di bagian atas dashboard Anda.




Catatan: Gunakan theme yang simple (fast loading) tidak perlu memasang berbagai asesoris atau gambar-gambar yang tidak perlu di sidebar, karena akan memperlambat loading blog Anda dan mempengaruhi optimasi blog. Yang jelas pengunjung tidak suka dengan blog yang loadingnya lambat. Rugi banget kalau pengunjung datang ke blog Anda tapi karena loadingnya berat pengunjung belum dapat informasi apa-apa langsung menutup blog Anda.

Ket: Sidebar yaitu bar yang ada disamping kiri atau kanan posting untuk menyimpang berbagai asesoris blog, sehingga banner iklan blakblkan Anda bisa dipasang.

Silahkan dipraktekkan Cara Mengganti Theme Blogspot Anda.

By Hana Kres with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar...

  • Popular
  • Categories
  • Archives