Target Keyword Atau Kata Kunci Unik

Target Keyword Atau Kata Kunci Unik Untuk Menentukan Nama Domain Dan Tema Artikel

Langkah pertama ketika kita akan menentukan nama domain blog ataupun ketika kita akan menentukan sebuah materi atau posting, yaitu tentukan dulu target keyword atau kata kunci unik.
Kenapa, ada apa dengan kata kunci?

Kalau kita ingin jualan di sebuah kota, misalnya kota Banjar. Langkah pertama yang kita pikirkan tentunya barang apa yang bisa kita jual yang banyak peminatnya tapi sedikit pesaingnya. Perumpamaan ini kita terapkan dalam membuat blog.

Nah kalau di blog barang yang akan kita pasarkan adalah sebuah kata kunci yang kita target. Yang harus kita perhatikan tentunya kata kunci yang kita pilih harus banyak pencarinya, tapi tidak banyak pesaingnya. Kata kunci tersebut dinamakan kata kunci unik atau niche keyword istilah internet marketernya.

Bagaimana cara target keyword atau kata kunci unik yang disebut niche keyword ?
Kita bisa menggunakan tool punya google, yaitu:
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Contoh 1 :
Misal Anda seorang pelaut atau suka tentang artikel Tentang Pelaut. Anda akan mencoba mentarget kata kunci “Info Pelaut”. Anda gunakan tool google dengan memasuki halaman.
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal




Isi kolom Kata atau frasa dengan kata kunci : info pelaut
Check blog Hanya tampilkan ide yang terkait...     : checlist
Lokasi dan bahasa : Pilih Indonesia
Isi karakter sesuai gambar
Klik Telusuri

Hasil analisanya seperti ini:





Kata “Info Pelaut” persaingannya Rendah dicari sebanyak 880 kali dalam 1 bulan.
Anda simpan kata kunci info pelaut dengan turunannya untuk persiapan membuat blog dan materi blognya.

Kalau Anda ingin mengetahui berapa jumlah pesaing kata kunci “Info Pelaut”. Anda bisa masuk ke http://google.com





Masukkan kata kunci Info Pelaut pada kolom pencarian. Hasilnya muncul angkat 5.360.000, ini merupakan jumlah artikel yang ada kata kunci “Info Pelaut”nya.

Kalau ingin mengetahui jumlah saingan sebenarnya. Anda gunakan tanda petik dua sebelum dan sesudah kata “Info Pelaut”.




Hasilnya jadi sedikit. Ada 12.100 artikel yang mentarget kata kunci “Info Pelaut”.

Rumus dalam menentukan kata kunci untuk pemula = Gunakan kata kunci yang banyak pencarinya bagusnya diatas 500 pencarian, tapi sedikit pesaingnya jangan lebih dari 1.000.000.


Contoh 2 :

Misal Anda akan membuat artikel tentang bisnis. Anda akan mentarget kata “Info Bisnis”. Lakukan hal yang sama ketika akan mentarget kata kunci “Info Pelaut” di atas.
Masuk ke https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal






Lihat hasilnya:





Lihat jumlah persaingannya :






Persaingannya cukup berat bagi pemula seperti saya, ada 3.730.000 artikel yang mentarget kata kunci “Info Bisnis”. Blog saya http://bisnishana pun tidak setabil kadang di baris pertama dan sekarang berada di baris ke tiga. Karena dua blog yang ada di atasnya merupakan blog profesional yang sudah berumur cukup tua.
Tugas Anda :
Tentukan kata kunci yang akan Anda target (baiknya sesuai dengan tema yang Anda sukai). Lakukan riset dengan menggunakan tool google https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal 
Cari kata kunci yang banyak pencarinya dan sedikit pesaingnya berikut kata kunci turunannya.

Selamat belajar cara target keyword atau kata kunci unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar...