Cara Membuat Posting Blog Di Blogger.com

Cara Membuat Posting Blog Di Blogger.com

Melanjutkan materi sebelumnya Cara Membuat Blog Di Blogspot.Com, sekarang kita pada materi selanjutnya Cara Membuat Posting Blog Di Blogger.com.
Membuat posting di blog merupakan masalah yang serius bagi para blogger, bagi para pemula mungkin akan sangat sulit mencari ide dan bahan untuk membuat posting. Bahkan bagi yang sudah biasapun sering merasa malas.

Pada materi sebelumnya kita sudah mengumpulkan beberapa kata kunci: •    penyakit kangker
•    penyakit kangker rahim
•    penyakit kangker otak
•    ciri-ciri penyakit kangker otak
•    ciri ciri penyakit kangker rahim
•    gejala penyakit kangker
•    penyebab penyakit kangker

A.    Kita akan mencari bahan untuk materi posting, misalnya dengan kata kunci “penyakit kangker”. 

Silahkan ikuti langkahnya :

1.    Anda masuk ke http://google.com pada kontak pencarian ketikkan kata kunci “penyakit kangker”. Akan muncul situs-situs yang mentarget kata kunci “penyakit kangker”. Cari yang judul dan deskripsinya sesuai dengan yang kita cari.

 

2.    Klik link situs yang kita pilih, situs baru akan terbuka. Copy paste materi atau artikelnya pada microsoft office.

 











3.    Anda edit posting yang dicopy pada microsoft office. Kenapa harus diedit? Karena posting blog harus artikel yang original, jadi meski hasil copy paste Anda bisa membuatnya jadi original dengan cara mengedit kalimatnya yang penting maksudnya sama, misalnya Anda rubah dari kalimat positif ke negatif atau sebaliknya (waktu pelajaran di sekolah itu, ada kalimat positif negatif), atau Anda bisa merubah kata misalnya kata “agar” dirubah menjadi “supaya”.

Contohnya:
Kalimat sebelumnya:
Penyakit Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal.

Kalimat setelah dirubah:
Penyakit Kanker merupakan satu penyakit yang diakibatkan oleh sel-sel jaringan tubuh yang tumbuh tidak normal.

Anda bisa lihat, kalimatnya berbeda tapi maksudnya sama. Memang cukup menguras pikiran bagi yang belum terbiasa, tapi seiring berjalannya waktu dan seringnya latihan Anda bahkan akan bisa membuat materi sendiri hanya dengan menentukan satu tema.


4.    Cara penempatan kata kunci  pada artikel.
Ini cara yang biasa saya lakukan, boleh ditiru atau Anda bisa mencari referensi lain yang lebih valid. Caranya seperti ini:
•    Buat artikel sebanyak 150 kata sampai 300 kata bagi pemula
•    Jadikan 2 paragraf
•    Sisipkan kata kunci di judul, pada paragraf pertama dan kalimat terakhir paragraf kedua. Kalau berdasarkan perhitungan kata kunci itu antara 1% - 3% dari jumlah paragraf.

Contoh posting dengan keyword “Penyakit Kangker”.
_________________________________________________

Penyakit Kangker Merupakan Penyakit Yang Ditakuti

Penyakit Kanker
merupakan penyakit akibat pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh. Sel-sel kanker berkembang sangat cepat tidak terkendali, dan terus membelah diri. Selanjutnya akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang. Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak. Sebaliknya sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Akibat penumpukan sel tersebut akan mendesak dan merusak jaringan normal, hingga mengganggu organ yang ditempatinya. Kanker bisa tumbuh diberbagai jaringan organ tubuh. Jika kanker tumbuh di permukaan tubuh mudah diketahui dan diobati, tapi jika tumbuh di dalam tubuh akan sulit diketahui.
Kangker yang tidak berhaya disebut tumor jinak, gejalnya hanya membentuk benjolan dan membesar dan tidak berbahaya. Sedangkan tumor ganas merupakan penyakit kanker yang tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali juga merusak jaringan lainnya.
___________________________________________________

Keterangan :
a.    Huruf yang diberi warna untuk membedakan kata kunci.
b.    Tebalkan kata kunci di paragraf pertama dan paragraf terakhir
c.    Beri internal link pada kata kunci di paragraf terakhir, yang mengarah pada halaman itu sendiri.


B.    Cara Membuat Posting Blog Di Blogger.com

Setelah Anda mempersiapkan bahan untuk posting, waktunya Anda mulai buat posting:
1.    Masuk ke http://blogger.com
Login dengan email dan password yang sudah dibuat


2.    Klik menu Entri Baru










 

3.    Muncul halaman posting.





Masukkan keyword pada Kolom Judul, masukkan sub judul dan artikel pada halaman posting, sub judul blog dirubah ukurannya menjadi Large, Isi Label dengan kategori posting misalnya “Penyakit” atau “Penyakit Kangker”. Klik Publihasikan untuk menyimpan dan mempublikasikan posting.


4.    Klik menu Lihat untuk melihat halaman posting, copy url link misalnya http://penyakitkangker.blogspot.com/2012/06/penyakit-kangker.html





5.    Edit lagi halaman posting dengan klik menu Edit.




Buat Internal Link, caranya keyword “Penyakit Kangker” di paragraf terakhir di blok - klik menu Add or remove link - muncul kotak dialog Edit Link – copy pastekan link halaman blog http://penyakitkangker.blogspot.com/2012/06/penyakit-kangker.html di kolom Web address – klik OK.
Anda sudah membuat Internal Link pada halaman blog Anda. Klik menu Perbarui – dan selesai.

6.    Posting Anda sudah selesai.


Silahkan dipraktekkan Cara Membuat Posting Blog Di Blogger.com dengan menggunakan keyword yang sudah Anda kumpulkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar...