Google Analytics

Mengetahui Statistik Kunjungan Blog Dengan Google Analytics


Oleh : Hana Kres

Pada materi sebelumnya saya telah membahas tentang Statistik Blogspot, yang intinya untuk mengetahui kunjungan blog dengan menggunakan fasilitas yang sudah ada di blogspot itu sendiri. Untuk mengetahui statistik kunjungan di blog, anda juga bisa menggunakan tool yang disediakan oleh google yaitu google analytics. Keuntungannya selain fasilitasnya lebih lengkap, juga blog anda bisa mendapatkan backlink secara tidak langsung dari google.

Syarat utama membuat akun google analytics adalah anda harus memiliki akun email dari gmail. ( Anda pasti sudah bisa, bahkan sudah memiliki).

Silahkan kunjungi alamat https://www.google.com/analytics, kemudian buat akun google analytics dengan mengikuti alur yang sudah ditentukan google. Kemudian anda akan mendapatkan kode script analytics, copy pastekan ke blogspot anda.

Saya sudah membuat tutorialnya dengan menggunakan gambar di blog saya yang lain. Tinggal klik link Mengetahui Statistik Kunjungan Blog Dengan Google Analytics. Cuma ada perbedaan saat mengcopy script kode google analytics karena tutorial yang saya buat untuk wordpress, sedangkan materi yang sedang dibahas saat ini dikhususkan untuk blogspot.

Setelah membaca tutorialnya, anda tinggal praktekkan. Kemudian saat anda sudah mendapatkan script kode analytics anda buka Dashboard Blogger anda.

  • Klik menu Design

  • Klik submenu Edit HTML

  • Checklist check box Expand Widget Templates

  • Cari kode </body>, kemudian pastekan script kode google analytics tepat di atasnya.

  • Simpan dengan cara klik Save Template

Blog anda akan di uprove 1 x 24 jam, kadang cuma beberapa jam anda bisa melihat statistik kunjungan blog anda sudah muncul.

Selamat mencoba.


Materi yang lain : Statistik Blogspot, Membuat ReadMore, Content Warning

5 komentar:

  1. saya udah pasang nih fitur gan :D

    BalasHapus
  2. Emang perlu nich Google Analytics bagi para blogger karena bisa melihat statistik blog sebagai bahan efaluasi....

    BalasHapus
  3. terima kasih, gan untuk tipsnya. Saya langsung coba di blog yg baru ah

    BalasHapus

Terima kasih telah memberi komentar...