Desain Blog

Merubah Tampilan Blog dengan Mengganti Template

template blog, mempercantik blog, desain template blog, belajar design website

Oleh : Hana Kres

Sebagai blogger atau pembuat blog, tentunya ingin hasil karya kita tidak sia-sia dan dapat dinikmati serta bermanfaat bagi para pembaca. Supaya blog kita disukai para pembaca, selain tema dan isi materi yang berkualitas, desain blog yang menarik harus diperhitungkan. Memang penilain orang tidak akan sama, bagi kita pembuat blog kayaknya blog kita sudah tampil maksimal, tapi belum tentu menurut orang lain. Makanya sekali-sekali kita minta penilaian orang lain atau teman kita. Apa sih kekurangan dari blog kita? Orang lain akan lebih mudah melihat kekurangan dari blog kita, dan tentunya kita harus berbesar hati menerima segala kritikan, kemudian kita perbaiki segala kekurangan blog kita. Bisa saja materinya kurang berbobot, desain blognya kurang maksimal, tata letak yang kurang rapi sehingga membingungkan pengunjung, atau paduan warna yang kurang enak dilihat.

Salah satu faktor penunjang supaya blog kita tampil maksimal yaitu dengan memilih template yang bagus. Saya kasih tahu deh alamat situs yang memberi template yang bagus sebagai kredit dari saya kepada mas Lasantha Bandara karena telah memberi template premium gratis kepada saya. Alamatnya adalah http://www.premiumbloggertemplates.com/ dan http://www.bloggertipandtrick.net/

Bagi pemula mungkin agak bingung bagaimana caranya mengganti template blogspot. Oke, saya kasih tutorialnya :

1. Masuk ke alamat http://blogger.com

2. Masuk atau Sign In dengan memasukkan email dan password

3. Klik menu Design (Catatan : untuk bahasa pilih English saja meskipun bisa diganti menggunakan bahasa Indonesia, karena dengan menggunakan bahasa Inggris menunya lebih lengkap.

4. Klik submenu Edit HTML

5. Jangan lupa checklist cek box Expand Widget Templates

6. Apabila anda belum yakin dengan template baru anda, anda download dulu template yang sedang anda gunakan dengan mengklik link Download Full Template, simpan di file atau directori yang anda mau.

7. Setelah template anda di simpan atau di download, anda tinggal upload template baru dengan cara klik Browse kemudian pilih template baru yang sudah anda download.

8. Klik Upload, tunggu beberapa saat

9. Untuk melihat tampilan blog anda bisa klik Preview dulu, tapi kalau sudah yakin ingin diganti bisa langsung klik Save Template

Anda bisa mencobanya. Ok, selamat mencoba template baru anda. Semoga materinya bermanfaat.

template blog, mempercantik blog, desain template blog, belajar design website


Materi lainnya : PTC Yang Membayar, Cara Membuat Blog Pribadi dengan Blogspot

2 komentar:

  1. nice info gan !
    like this lah pokoknya....
    ane tgu kunjungan dan follow baliknye....
    salam blogger Endonesia !
    boleh kan saling senggol anu-nya...hehehehe $$$

    BalasHapus
  2. tolong kasih koment ni desain blog ane http://jasa.hostzi.com

    BalasHapus

Terima kasih telah memberi komentar...