Tips Cara Merawat Laptop Acer Dan Sejenisnya Agar Awet

Walapun saat ini laptop sudah bukan barang asing karena hampir seluruh kalangan masyarakat bisa memiliki dan harganya semakin terjangkau, tapi untuk perbaikan masih jarang yang bisa dan harga komponennya juga masih cukup mahal disamping jarang. Oleh karena itu kita mesti merawat laptop kita dengan baik agar kondisi laptop tetap enak digunakan dan awet. Anda bisa ketahui tips cara merawat laptop acer dan sejenisnya agar awet.


Berikut ini tips yang harus Anda ketahui agar laptop Anda tetap dalam kondisi prima dan awet:
  1. Screen protector perlu dipasang pada layar laptop supaya tidak terkena debu dan tidak tergores.
  2. Gunakan pelindung keyboard atau keyboard protector agar aman dari debu dan air. Karena debu yang masuk ke sela-sela keyboard yang menumpuk apalagi ada air yang masuk bisa mengakibatkan konslet.
  3. Gunakan kipas angin untuk laptop yang biasanya ditaruh di bawah laptop supaya mengurangi overhead atau panas berlebih.
  4. Jangan menggunakan laptop sambil mencharger, biarkan baterai laptop full dulu baru Anda gunakan agar baterai tidak mudah ngedrop. Kemudian sewaktu mau charging laptop baiknya pasang dulu kabel yang menuju ke laptop, baru memasang sakelar ke stopkontak listrik.
  5. Gunakan listrik dengan tegangan yang stabil atau gunakan stabilizer.
  6. Pasang anti virus dan selalu update dengan cara koneksikan ke internet agar aman dari serangan virus, hal ini untuk menjaga performance laptop tetap stabil.
  7. Jangan mendownload software gratis dari internet secara sembarang, karena banyak yang terinfeksi virus.
  8. Lakukan defragmenting dan disk cleanup secara berkala agar laptop tidak lemot.
  9. Jangan meletakkan laptop dekat dengan sumber medan magnet karena bisa merusak komponen hardisk misalnya seperti radio, TV, Handphone, dll.
  10. Hindari berkebiasaan buruk menaruh minuman atau cairan dekat dengan laptop.
  11. Jangan biasakan memindahkan laptop dalam kondisi menyala atau aktif, sebab dikawatirkan akan menggores cylinder komponen dalam hardisk yang bisa menyebabkan kerusakan.
  12. Gunakan tas khusus untuk laptop untuk menghindari guncangan yang bisa merusak komponen laptop.
  13. Jika laptop sedang menyala jangan masukkan laptop pada sarung atau tas karena tidak ada sirkulasi udara dan bisa merusak prosessor.
  14. Kerusakan yang paling umum pada laptop terjadi pada harddisk dan LCD layar. Biasanya kerusakan harddisk akibat benturan atau jatuh, sedangkan kerusakan LCD karena tekanan fisik atau terkena sinar matahari.
  15. Hati-hati ketika mencolokkan kabel telepon ke laptop, karena kawat logam dalam konektor modem laptop tipis dan mudah bengkok. Lindungi modem laptop dan gunakan modem yang mempunyai fitur digital-line guard, karena fitur ini akan menjaga modem dari kerusakan jika secara tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN.
  16. Jika dalam waktu lama laptop tidak akan digunakan, simpan laptop dalam tempat yang kering dan tambahkan silica gel untuk menyerap uap air karena bersifat higroskopis. Silica gel ini biasa terdapat pada sepatu, botol obat, kemasan barang2 elektronik, dan lainnya. Bisa dibeli di took bahan kimia.
  17. Jika akan mengirim laptop gunakan kotak pelindung yang kuat dan bungkus dengan busa atau spons untuk menyerap getaran.
  18. Jangan meletakkan benda berat di atas laptop.
  19. Jika laptop masih dalam masa garansi, jangan membongkar laptop sendiri dan jangan merusak segel atau sticker garansi jika laptop bermasalah. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat, untuk menjaga kerusakan menjadi tambah parah.
  20. Terakhir simpan kartu garansi dan jangan sampai hilang, supaya jika terjadi kerusakan fatal laptop Anda bisa dibawa ke toko tempat Anda membeli.
Mudah-mudahan tips perawatan laptop di atas bermanfaat dan membantu agar tetap awet dan optimal bisa digunakan.

By Hana Kres with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar...

  • Popular
  • Categories
  • Archives