Tempat Liburan Keluarga Wisata Murah Meriah Di Bendungan Manganti Jawa Tengah



Anda berlokasi di daerah sekitar perbatasan jawa barat – jawa tengah, dan Anda pencinta wisata gratis? Anda bisa mencoba tempat liburan keluarga wisata murah meriah di bendungan Manganti Jawa Tengah.
Tapi sebelumnya alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu sejarah bendungan Manganti.

Bendungan yang dibangun sejak tahun 1972 dan diresmikan pada tahun 1990 merupakan sentral pengaturan irigasi untuk wilayah Sidareja dan sekitarnya. Bendungan Manganti berfungsi untuk mengatur debit air, agar saat musim kemarau sawah-sawah penduduk yang terbentang luas tetap dapat ditanami padi dengan pengairan yang cukup memadai. Air dari bendung Manganti disalurkan melalui jaringan irigasi dari Sidareja ke Cihaur, bahkan pasokan air mengalir sampai ke wilayah Lakbok Kab. Ciamis Propinsi Jawa Barat.
Bendungan Manganti terdiri dari saluran utama, primer, sekunder dan tersier. Bangunan beton yang sangat megah merupakan maha karya bangsa yang dapat dilihat secara nyata dan menjadi kebanggaan bagi penduduk setempat.
Bendung Manganti dipola menjadi bendung gerak yang dilengkapi dengan pintu angkat dengan kerangka baja menggunakan mesin.
Saluran irigasi yang dipasok dari bendungan Manganti dapat dinikmati oleh puluhan ribu petani yang tersebar di 27 desa di Kecamatan Sidareja, Kedungreja, Wanareja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawunganten. Hasil pertanian di wilayah ini merupakan penyumbang terbesar stok pangan nasional di propinsi Jawa Tengah Selatan.
Karena bangunannya yang megah dan indah akhirnya bendungan Manganti dijadikan tempat wisata oleh masyarakat setempat dan sekitarnya. Dan saat ini dengan difasilitasi jalan raya yang mulai diperbaiki, maka situasi di bendungan Manganti semakin ramai oleh pengunjung dan pedagang, apalagi di hari libur.
Aneka jajanan dan mainan untuk anak-anak tersedia, bahkan Anda bisa memanjakan anak Anda dengan menyewa kuda tunggangan dan sewa perahu untuk keluarga dengan harga yang sangat murah. Dan tidak ketinggalan bagi Anda yang hobby mancing ini merupakan lokasi yang tepat, karena waduk di bendungan Manganti dalam waktu-waktu tertentu selalu ditanami ikan oleh pemerintah setempat dan boleh dipancing oleh masyarakat.
Anda penasaran silahkan kunjungi tempat liburan keluarga wisata murah meriah di bendungan Manganti Jawa Tengah.
 Bendungan air di Manganti
Viyaneu, Mamah Nca, Helma
Tempat Mancing
Naik Perahu Motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar...