Cara Mengoptimalkan Blog Bagi Pemula

Cara Mengoptimalkan Blog Bagi Pemula Untuk Mendatangkan Banyak Pengunjung

Saya mohon maaf kepada teman2 yang sedang belajar buat blog karena satu bulan lebih saya tidak menambah materi. Hal ini karena keraguan saya dalam menyajikan materi yang tepat. 

Saya ingin sekali membahas cara mengoptimasi atau mengoptimalkan blog agar mendapatkan banyak pengunjung.

Tapi setelah blog saya kena teguran google karena divonis memiliki banyak sekali link yang tidak natural yang berakibat turunnya Page Rank (peringkat di google), merosotnya Serp hampir semua halaman blog dan turunya visitor hampir 75-95%. Mental saya jadi down dan merasa minder terhadap diri saya sendiri. Jangan-jangan saya akan salah menyampaikan materi, dan ini tentunya akan menjadi fatal karena memberikan pemahaman yang salah terhadap teman2 yang membutuhkan informasi.

Tapi setelah mencari-cari informasi akhirnya saya menguatkan diri untuk memberikan sedikit informasi kepada para pemula. Maaf sebelumnya kepada para senior, karena ini difokuskan untuk pemula yang lagi belajar ngeblog. Jadi baik materi atau bahasa yang digunakan sesimple mungkin agar bisa dipahami oleh teman2 semua, kalau banyak salahnya mohon dibetulkan.

Sebetulnya saat ini untuk ngeblog sebagai jalan untuk mendapatkan penghasilan dari internet bisa dibilang lebih mudah, tapi juga mesti memiliki intelektual yang selalu diasah terutama dalam menulis. Intinya kita harus belajar membiasakan untuk menulis dengan menuangkan ide-ide yang Anda miliki. Anda tidak perlu berpikir teknik-teknik seo yang sulit, karena sekarang google lebih mengutamakan konten daripada SEO atau backlink.

Sebelumnya kita pernah membahas mengenai optimasi on page dan off page. Silahkan dibaca-baca lagi materi sebelumnya kalau lupa. 

Apa keuntungannya dengan tuntutan google sekarang? 
Kita tidak perlu banyak belajar optimasi off page untuk blog, bagi pemula tentu mengurangi PR di rumah. Anda fokus saja pada konten atau isi artikel.  Tugas Anda sekarang setelah menentukan target keyword Anda langsung take action untuk membuat artikel.

Caranya?
Misal Anda mentarget keyword “tips bisnis online”. Tapi Anda merasa keyword ini saingannya sangat ketat dan sulit Anda kejar, Anda bisa menjadikan keyword ini menjadi long tile atau keyword panjang misalnya menjadi “tips memulai bisnis online bagi para pemula” atau kalau ingin lebih tertarget lagi karena Anda member Blakblakan bisa menjadi “tips memulai bisnis online blakblakan”.

Darimana Anda mendapatkan sumber materinya?
Anda cari di google, gabungkan dari beberapa sumber menjadi 1 artikel kemudian edit dengan bahasa Anda sendiri. Buat materi serinci dan segamblang mungkin, sehingga bisa dianggap memberikan solusi bagi pembaca yang membutuhkan informasi. Hasilnya pembaca puas dan google pun sebagai mesin pencari terbesar senang terhadap artikel atau posting Anda.
.
Bagaimana cara menyisipkan kata kunci di artikel?
Ini yang masih diperbincangkan dan terjadi dua pendapat yang berbeda. Satu versi kata kunci harus diatur sedemikian rupa sehingga bisa memperkuat optimasi on page. Satu versi lagi menyatakan taruh kata kunci dimana saja dan lupakan, karena ketika kita menyimpan kata kunci dengan sangat tersusun akan dicurigai google dan dianggap spame.

Jadi mesti gimana?
Kita yakinkan saja dalam hati :). Sisipkan kata kunci di judul dengan dibuat menjadi long tile keyword atau kata kunci yang panjang, tambahkan juga di paragraph pertama dan paragraph terakhir. Usahakan kata kunci dibedakan, misal di paragraph pertama dengan kata kunci “tips memulai bisnis online bagi para pemula” dan di paragraph terakhir “tips memulai bisnis online blakblakan untuk pemula”.
Ini hanya pendapat dari pemula.

Kalau blog Anda dianggap penting oleh google, cepat atau lambat blog Anda akan muncul di halaman pertama google. 
Sekarang kita lupakan dulu optimasi off page seperti : tukar link, dummy, link wheel atau spame sana sini karena ternyata semuanya beresiko dan tidak disukai google. Saya tidak akan membahas ini karena justru akan membingungkan para pemula dan membuat tidak fokus, kalau ada yang mau bahas buat materi lain ya :).

Darimana kita mendapatkan pengunjung selain dari google?
Jejaring sosial dan sosialbookmark cukup aman dan menjanjikan untuk mengundang banyak visitor atau pengunjung ke blog kita. Syaratnya kita harus mendapatkan kepercayaan dulu dari orang lain. Dengan kredibilitas kita dalam membuat materi yang fress dan bermanfaat lambat laun orang akan memandang kita dan menjadikan blog kita menjadi sumber bacaan mereka. Prosesnya tentu tidak instan akan membutuhkan waktu yang relatif tidak sebentar, tapi hasilnyapun dijamin memuaskan. (Maaf  anggap saja saya lagi ngajari diri sendiri).

Miliki banyak teman di jejaring sosial facebook.com, twitter.com, digg.com, dll. Anda bisa membuat status dengan menyisipkan link setiap Anda membuat artikel. Kalau Anda sudah dianggap penting otomatis akan banyak teman Anda yang membaca. Dengan memiliki banyak pembaca atau pengunjung, merupakan salah satu promosi terhadap bisnis Anda. 

Anda juga bisa submit atau masukkan link artikel Anda di situs socialbookmark seperti infogue.com, debuk.com, reddit.com, dll. Caranya masukkan link artikel blog, judul blog dan deskripsi blog. Ingat setiap Anda submit link artikel di situs socialbookmark yang berbeda judul dan deskripsi jangan disamakan karena akan terjadi duplikan konten dan ini tidak disukai oleh google.

Anda gunakan juga situs rssholder.com dan pingomatic.com setelah Anda membuat posting dan setelah submit ke situs socialbookmark, agar artikel Anda cepat terindeks.  Caranya pelajari sendiri, pasti ngerti.
.
Kesimpulannya untuk optimasi blog Anda:
  1. Buat posting secara berkala minimal 1 hari sekali atau 1 minggu 3 kali, jangan terlalau banyak juga maksimal 3 posting per hari.
  2. Target keyword Anda, gunakan keyword yang panjang.
  3. Buat materi yang fresh dan original. Boleh niron dari artikel orang dengan cara menggabungkan beberapa artikel tapi harus diedit lagi agar terkesan beda dan segar.
  4. Sisipkan keyword Anda di judul, paragraph awal dan akhir artikel (buat beda).
  5. Sisipkan link artikel blog di status jejaring sosial Anda untuk mendapatkan pengunjung, jangan di halaman orang lain karena akan dianggap spame.
  6. Submit link di situs socialbookmark.
  7. Gunakan situs rssholder.com dan pingomatic.com setelah selesai buat posting dan setelah submit link di socialbookmark.
  8. Berdo’a dan berbagi untuk memancing rejeki.
.
Mudah-mudahan materi cara mengoptimalkan artikel blog bagi pemula untuk mendatangkan banyak penjung bermanfaat.

By Hana Kres with 1 comment

1 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar...

  • Popular
  • Categories
  • Archives