Mandiri – Makan Sendiri Merupakan Salah Satu Cara Mendidik Anak Balita Dalam Membantu Perkembangan Kepribadiannya



Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu mempercepat perkembangan kepribadian buah hati yang masih balita, terutama untuk perkembangan anak umur 2 tahun. Salah satu contoh dengan mendidik agar si anak mau belajar makan sendiri. Yang jadi kendala jangankan mau makan sendiri, kadang untuk makan disuapi oleh orang tua saja susahnya bukan main.
Hal ini terjadi pada si kecil Helma Qonita yang usianya 3 tahun kurang 2 minggu. Dia susah sekali makan, sehari paling makan nasi satu kali itu juga paling hanya 3 sampai 5 suap, selebihnya paling dia makan jajanan seperti kue-kue dan susu itu juga kalau lagi mood. Diperparah lagi dia tidak suka makan buah-buahan, paling banter dia suka minum es jeruk segala macam buah-buahan dia tidak doyan, hanya saja untungnya dia suka makan sayur bayam.

Salah satu trik yang biasa kami lakukan agar dia mau makan dengan diiming-imingi hal-hal yang dia suka, misalnya dia suka: main otoped, jalan-jalan sore ke alun-alaun, belanja ke mini market atau swalayan, jajan yang tidak kami rekomendasikan misalnya ice cream dan ale-ale, dan lain-lain.  Kami biasanya membujuk dengan bilang “kita nanti sore jalan-jalan ke alun-alaun, tapi Mimanya (panggilan Helma) makan dulu”. Baru dia mau makan.
Atau hal-hal lucu lainnya, misalnya dia baru mau makan asal diphoto atau direkam. Kayak gambar di bawah ini.
Tengah malam dia baru mau makan asal dengan daging ayam, kemudian saya photo dan rekam dengan HP. Banyak gaya yang dia lakukan saat makan, mulai dengan memakai baju yang longgar bekas kakaknya, pake bondu, dan gaya-gaya lucu lainnya. Tapi tidak lupa kami juga ajarkan etika makan, misalnya dia makan  pake tangan kiri, kami ingatkan supaya menggunakan tangan kanan, dan lainnya.

Yang jelas cara mendidik anak balita itu tidak begitu sulit jika kita bisa berkomunikasi dengan penuh kasih sayang pada anak kita.

By Hana Kres with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar...

  • Popular
  • Categories
  • Archives